Wednesday, April 30, 2014

Pengelompokkan Hacker

Dari beberapa buku yang penulis baca, ternyata ada pengelompokkan jenis hacker, nah disini penulis ingin memberikan sedikit informasi apa itu hacker.

Hacker bisa dikelompokkan berdasarkan aktifitas yang mereka lakukan.disini penulis menggunakan istilah hat (topi). agak aneh memang bagi orang yang pertama kali mendengarkan.

1. Black Hat Hacker
Jenis hacker yang menggunakan kemampuan mereka untuk melakukan hal-hal yang dianggap melanggar hukum dan merusak.(cracker)

2. White Hat Hacker
Jenis hacker yang menggunakan kemampuannya untuk menghadapi Black Hat Hacker. profesional-profesional yang bekerja pada perusahaan keamanan dan umumnya disebut security analys, security consultant

3. Grey Hat Hacker
Jenis hacker yang bergerak di wilayah abu-abu. terkadang mereka adalah White Hat Hacker, namun mereka juga bisa menjadi Black Hat Hacker.

4. Suicide Hacker
Teroris cyber sejauh ini masih lebih banyak mitos daripada kenyataan. Hacker jenis ini tidak takut dengan ancaman penjara seumur hidup sekalipun dan hanya mempunyai tujuan membuat kekacauan yang sebesar-besarnya.suicide hacker bisa disetarakan dengan tindakan bunuh diri yang marak di jaman modern ini.

tulisan ini hanya segelintir saja dari banyaknya cara hacking yang beretika yang dapat penulis sampaikan
Nah sobat..jika kalian memiliki kemampuan Hacker, berada di level manakah yang sobat inginkan.

Sumber : C.E.H
              Jasakom